Senin, 01 November 2010

kemajuan elektronik untuk kebutuhan komunikasi

Revolusi di bidang komunikasi dewasa ini adalah bersandar pada sejumlah penemuan dan kemajuan teknologi. Sebagian merupakan penemuan yang benar-benar baru, seperti komputer elektronik dan transistor. Sedangkan sebagian lagi merupakan modifikasi dari yang telah ada, tetapi mempunyai efek revolusioner karena menghemat dalam ongkos, ukuran, dan berat, serta keandalan yang meningkat. Untuk dapat memahami perkembangan teknologi komunikasi secara lebih baik maka perlu dikenali secukupnya tentang beberapa fondasi teknologi yang melandasi kemajuan teknologi komunikasi yang dimaksud.

Elektronik, komputer, dan lain-lain setidak-tidaknya dalam kaitan dengan dunia pasca-industrial adalah bidang yang perkembangannya paling penting dalam paruh-terakhir abad XX atau dikenal sebagai era nuklir, dan masa lalu sebagai abad mesin uap, baja, tenaga listrik atau otomobil maka akhir abad XX dikenal sebagai abad elektronik, komputer, otomatisasi, sybernasi, dan pengolahan data, atau sejumlah ide yang berkaitan. Keseluruhan lapangan tersebut merupakan yang paling dinamik dan mudah berubah dari seluruh teknologi yang ada.

Mikro elektronik dan integrated circuit (IC) merupakan satu dari sejumlah terobosan yang bersifat synergistik yang paling berkaitan dan menandai perkembangan pada akhir abad XX. Elektronika dan komunikasi sudah sejak awal abad ini mempunyai hubungan simbiosis. Contoh utama hubungan itu adalah pada telegrafi tanpa kabel dan penyiaran di mana kebutuhan akan komuniasi jarak jauh telah dipenuhi dengan penerapan elektonik.

Teknologi elektronik dasar telah mengalami kemajuan spektakuler dan perubahan yang dapat dilihat pada akhir abad ini sama impresifnya dengan apa yang kelihatan pada dua dekade yang lalu.

Pada masa wala perkembangan elektronika, tabung elektronika (vacuum tube) seperti yang digunakan pada pesawat radio kuno, menempati kedudukan yang amat penting. Meskipun banyak yang mengaku sebagai penemu vacuum tube dan bentuknya yang beragam, tetapi yang biasa disebut sebagai penemu pertama adalah John Ambrose Fleming pada tahun 1904. Sedang yang menemukan amplifying tube, the triode, adalah Lee De Forest pada tahun 1906. Masa 30 tahun sejak itu perkembangan penggunaan sirkuit elektronik meningkat dalam berbagai aplikasi, seperti pemancar dan penerima siaran, serta instrument elektronik yang lain.

Vacuum tube berkembang kemudian menjadi lebih kecil ukurannya dan semakin sedikit tik yang denaga listrik yang digunakan, serta semakin handal, dan kompleks. Meski sudah diperkecil ukurannya, namun vacuum tube masih terasa kurang pas untuk berbagai keperluan, terutama untuk peralatan pesawat udara dan sarana komunikasi prajurit yang dikenal sebagai walkie talkie sehingga masih perlu diperkecil lagi.

Ada tiga perkembangan yang menyebabkan penggunaan vacuum tube kemudian ditinggalkan, yaitu :

1. Kebutuhan akan pemroses sinyal berfrekuensi amat tinggi

2. Pembuatan dan diperkenalkannya computer

3. Penemuan alat amplifying yang solid-state dikenal sebagai transistor.

Mesin komputer pertama yang disebut ENIAC menggunakan 18,000 buah vacuum tube dengan berat 30 ton dan mengonsumsi 140kilowatt listrik. Dapat dibayangkan betapa besarnya ukuran mesin ini. Itulah antara lain yang mendorong agar vacuum tube diperkecil lagi, malah kalau dapat diminiaturkan.

Pada dasarnya Large Scale Integration (LSI) merupakan pengembangan dari teknologi integrated sirkuit (IC) yang menyangkut penyambungan sirkuit lengkap pada suatu chip silicon, daripada hanya sekadar mengikat komponen-komponen tersebut menjadi satu. Keuntungan teknologi LSI adalah tidak hanya dipakai untuk membuat computer, tetapi juga merupakan produk dari computer (computer dipakai untuk mendesain, membuat antarsambungan (interconnect) dan memproduksi sirkuit).

A. TRANSISTOR

Perkembangan di bidang solid state technology merupakan sesuatu yang dasar bagi revolusi dalam teknologi komunikasi, khususnya penemuan transistor, yang menggunakan bahan-bahan semi-conductor dengan kemampuannya mengatur arus listrik mengantarai good conductor dengan isolator. Sebelum ditemukannya jenis baru semi conductor dan diciptakannya amplifier transistor, amplifier elektronik ketika itu menggunakan vacuum tubes (tabung-tabung vacuum).

Transistor pertama dibuat pada tahun 1947 sebagai hasil studi Bell Telephone Laboratories mengenai semi-conductor. Sebelumnya memang semi-conductor telah digunakan sebagai detector frekuensi radio dan rectifier pada telepon. Akan tetapi, baru pada tahun 1947 berhasil dikembangkan suatu amplifier transistor.

Dengan adanya transistor maka radio, computer, dan peralatan elektronik lainnya dapat dibuat lebih kecil, lebih murah, dan lebih portable. Transistor juga mengonsumsi tenaga listrik lebih kecil, lebih handal, dan tidak memerlukan waktu pemanasan sehingga dapat langsung beroperasi. Berbeda dengan tabung vacuum yang telah dihidupkan, masih perlu beberapa saat untuk pemanasan dulu.

B. PRINTED CIRCUITS

Peralatan elektronik, seperti diketahui mengandung banyak sekali sambungan di dalam tubuhnya. Printed circuits merupakan perkembangan yang amat berarti dalam memudahkan dan menyederhanakan pengadaan beragam sambungan yang rumit itu. Setelah Perang Dunia II untuk pertama kalinya printed circuits dikembangkan dalam jumlah yang besar.

Umumnya printed circuits ini disolder secara maksimal dan lebih handal daripada disolder dengan tangan. Lebih penting lagi, perkembangan selanjutnya menghasilkan printed circuit yang semakin kecil ukurannya.

C. INTEGRATED CIRCUITS

Perkembangan berikutnya adalah selain memperkecil ukuran sambungan antarkomponen, kini yang diminiaturkan adalah komponen-komponen itu sendiri. Pada awal 60-an, teknologi memungkinkan circuit dimasukkan ke kepingan silicon yang memuat bukan saja sambungan-sambungan elektronik, tapi juga komponen-komponennya yang disambungkan itu sekaligus. Pada sekeping silicon sebesar mata uang logam, kini dapat ditampung sebanyak 400 hingga 1000 circuit lengkap yang beroperasi pada waktu yang sama.

Teknik IC ini terus-menerus dikembangkan hingga mencapai apa yang disebut sebagai Large Scale Integration (LSI) yang mampu memuat ratusan transistor pada sebuah silicon sebesar kancing baju. Bahkan kini sudah pula berkembang Very Large Scale Integration (VLSI) yang tentunya berkemampuan berpuluh kali lebih besar dari yang sebelumnya.

Komputer dan Komunikasi

Teknolgi komunikasi yang berkembang pesat digunakan secara luas karena kecanggihan dan keandalannya seperti kita alami sekarang ini adalah computer. Computer merupakan alat yang penting dalam menjadikan teknologi komunikasi menjadi andal, murah, dan praktis.

Penggunaan teknologi komunikasi bisa menyebar luas tentu disebabkan karena keandalannya. Akan tetapi, itu saja tidak cukup karena apabila tidak dapat dijangkau oleh masyarakat luas maka tentu penggunaannya tetap terbatas. Namun, kepraktisannya juga menetukan sehingga teknologi komunikasi menjadi seperti yang kita rasakan dewasa ini, ia digunakan dan diterapkan di segala bidang kehidupan. Oleh karena itu, perlu dipahami secara garis besar bagaimana perkembangan Komputer hingga masa sekarang.

Mekanisme digital yang pertama, yang disebut abacus atau cipoa diciptakan sekitar 3000 tahun sebelum Masehi, dan masih digunakan dengan efektif di banyak tempat hingga sekarang ini. Pada mulanya orang membutuhkan alat untuk membantu melakukan kalkulasi dan pencarian pada daftar yang panjang. Dengan computer dimaksudkan agar pekerjaan tersebut dapat dilakukan dengan menghemat waktu dan terhindar dari kesalahan. Sampai tahun 1642 tidak ada perkembangan yang berarti, hingga Blaise Pascal di Perancis, pada usia 19 tahun membuat computer digital sederhana yang pertama dengan kemampuan menambah dan menurangkan. Kemudian pada tahun 1672 Wilhem Von Leibnis di Jerman mambangun suatu mesin yang hanya dapat menambah dan mengurangkan saja, tetapi juga mengalikan dan membagi.

Mesin penghitung pertama yang berhasil dikembangkan dengan kemampuan menambah dan mengurang telah ditemukan oleh ahli matematika Perancis bernama Blaise Pascal 1642. Kemudian pada tahun 1694 seorang ahli matematika lain bernama Gotrtfried Wilhelm Leibniz berhasil menciptakan mesin penghitung yang mampu menambah, mengurang, mengali, dan membagi. Namun, baik Pascal Maupun Leibniz tidak mempunyai teknologi yang cukup untuk mengembangkan mesin ciptaan mereka tersebut secara komersial. Akan tetapi, mesin-mesin itu memang telah berfungsi, dan membukakan jalan bagi mesin komersial di belakang hari, seperti comptometer yang dikenal pada abad XIX.

Pada tahun 1821 Charles Babbage, seorang ahli matematika mulai mengembangkan mesin pengurang yang dapat mengotomatiskan perhitungan fungsi aljabar dengan melakukan serentetan pengurangan. Sebelum mesin pengurangan itu selesai, Babbage mengembangkan pula mesin baru yang lebih maju yang dinamakan mesin anlitis. Namun, kedua mesin tersebut tidak rampung. Akan tetapi, Babbage telah berhasil menerapkan prinsip pemrograman maju (advance programming) yang akhirnya berkembangan menjadi prinsip pemrograman hingga kini.

Lebih adari 150 tahun berikutnya, yaitu pada athun 1835, Charles Babbage ahli matematika dari Cambrige, mendesain suatu mesin yang waqlaupun tidak pernah dibuat, telah memberikan padanya pengakuan yang hamper universal sebagai bapak computer modern. Mesin itu mempunyai alat input dan output yang menggunakan kartu berlubang (punched cards) yang mirip dengan master loom buatan Jacquard. Selain itu Babbage menyediakan kemampuan untuk menyimpan data atau memori dan sebuah mill atau processor. Penyimpan dan mill juga diatur oleh kartu-kartu di mana instruksi dikodekan dengan nomor-nomor dan disimpan hingga saat kapan dibutuhkan untuk mengoperasikan processor.

KOMPUTER MEKANIK ANALOG DAN DIGITAL

Pada tahun 1915 Leonardo Torres di Spanyol mengkombinasikan teknik calculating elektrik-mekanik dengan prinsip-prinsip programming. Ia menunjukkan mesin pertama yang mampu membuat keputusan dan mengilustrasikan berbagai kemampuan mesin tersebut untuk memecahkan suatu problem yang catur yang sederhana. Setelah itu, 16 tahun kemudian di AS Vannevar Bush mendesain suatu computer analog yang disbutnya sebagai suatu differential analyser. Inilah computer pertama dengan kemampuan umum untuk memecahkan persamaan.

Dua tahun kemudian Douglas Hartree di Inggris bersama Arthur Porter membangun suatu computer analog dengan menggunakan bagian-bagian Meccano senilai 20 pound. Belakangan, Hartree merupakan ilmuwan pertama yang memakai komputer untuk memecahkan problem dalam teori atom.

Computer elektronik yang pertama dikembangkan pada tahun 1943-1946 oleh John Mauchly dan John P. Eckert Jr. di Moore School of Electrical Engineering, University on Pennsylvania. Computer in I dinamakan ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer) dengan ukuran panjang 100 kaki, lebar 10 kaki, dan tingga 33 kaki serta menggunakan daya listrik sebesar 140 kilowatt. Computer pertama ini menggunakan lebih dari 18.000 tabung vacuum, 70.000 resistor, dan 10.000 kapasitor.

Melihat besarnya jumlah tabung elektronik dan arus listrik yang dibutuhkan, dapat dipahami apabila perkembangan computer tersebut tidak cepat menyebar luas. Pada tahun 1945 laboratorium Bell mulai meneliti peralatan elektronik untuk menunjang industri telekomunikasi. Tim ahli laboratorium ini yang terdiri dari Shockley, Bardeen dan Brattain berhasil menemukan point contact transistor dan memenangkan hadiah nobel dalam ilmu fisika. Dengan demikian telah ditemukan suatu alternative terhadap penggunaan tabung elektronik yang seperti diketahui terlalu banyak memakan energy. Transistor yang merupakan bahan semi konduktor mempunyai beberapa keuntungan, yaitu sangat rendah mengonsumsi energy menghasilkan panas hanya sedikit, dan yang terpenting, ukurannya kecil. Penemuan transistor dapat disebut sebagai sebuah revolusi dalam bidang elektronika ketika itu.

Computer elektronik yang pertama, ENIAC, dibuat pada tahun 1946. Akan tetapi, perkembangan yang begitu pesat terjadi sejak awal 70-an sehingga bila dilihat kembali ke belakang maka ENIAC tersebut hanyalah bagaikan sebuah cepoa (abacus) jika disbanding dengan computer yang ada sekarang.

Demikianlah perkembangan computer kemudian berlangsung terus, bahkan belakangan semakin cepat dan meluas. Dalam riwayat perkembangan computer dikenal adanya lima generasi sebagai berikut :[1]

1. Generasi pertama (1953-1958) di mana komponen perangkat keras computer ketika itu adalah tabung elektronik dan memori magnetis. Pada masa itu aplikasi pengolahan data masih bersifat coba-coba.

2. Generasi kedua (1958-1966) yang ditandai dengan digantinya tabung elektronik dengan transistor. Selain itu, pada periode ini pula berhasil disempurnakan teknologi memori magnetis sehingga daya simpannya menjadi lebih besar. Juga mulai dikembangkan pengolah bahasa dan system input-output. Sedangkan aplikasi pengolahan data dikembangkan mencakup bidang kerja yang cukup luas.

3. Generasi ketiga (1966-1974) mencatat digantikannya transistor oleh rangkaian elektronik berukuran besar (large scale integration/LSI). Pada masa ini memori elktronik berbasis rangkaian terpadu menggantikan komponen magnetis. Lalu muncul pula terminal dengan layar video. Mulai diterapkan system pengoperasian yang canggih dan perangkat lunak pengendali komunikasi antarkomputer mulai digunakan.

4. Generasi keempat (1974-1982) di mana LSI digantikan oleh VLSI (very large scale integration) yang berukuran memori amat besar. Peralatan input-output semakin canggih serta berkapasitas raksasa. Pada masa ini satelit digunakan untuk saluran komunikasi data.

5. Generasi kelima (1982-sekarang) meski belum konkret sosoknya, tapi perkembangan terus bertambah canggih dengan kehandalan yang meningkat. Diperkirakan aplikasi computer generasi ini adalah pengambilan keputusan langsung oleh computer, pengolahan data yang tersebara langsung ke rumah-rumah, serta system informasi berukuran raksasa.

Perlu pula diketahui bagaimana peran computer telah berkaitan dengan barbagai bidang kehidupan seperti berikut ini.

· Robot dan otomasi industry.

Keterpaduan computer dengan lengan elektromekasin untuk melaksanankan tugas-tugas tertentu dalam jalur perakitan otomatis. Kelebihan robot yang lain adalah untuk melakukan tugas yang berbahaya, seperti pengelasan, pengecatan, pekerjaan di bawah laut, dalam tambang ataupun di ruang angkasa.

· Otomasi perkantoran.

Dengan bantuan computer berbagai jenis yang diintegrasikan maka tugas perkantoran yang meliputi pengolahan kata, arsip elektronik, pengaturan jadwal rapat otomatis, system informasi manajemen, pemasukan dan pemrosesan data jarak jauh dapat dilakukan lebih efektif.

· Telekomunikasi

Interkoneksi computer dengan jaringan telekomunikasi telah membuka peluang untuk distribusi pemasukan, pengolahan, dan penelusuran data, distribusi pekerjaan, dan jaringan informasi baik untuk dunia usaha maupun sector pemerintahan.

· System keuangan elektronik

Berbagai pelayanan keuangan, seperti ATM (automatic teller machine). Terminal penjualan yang disebut POST (point of sales terminal) serta komunikasi antarkomputer telah memungkinkan aktivitas ekonomi berlangsung lebih lancer. Inilah yang antara lain disebut-sebut sebagai gejala menuju masyarakat tanpa uang tunai (cashless society)

· Computer pribadi

Meluasnya pengggunaan computer mikro di rumah-rumah agak mengurangi kesenjangan antara para ahli computer dengan masyarakat umum. Penggunaan di rumah-rumah menunjukkan pemanfaatan alat ini untuk berbagai keperluan termasuk untuk bermain video games,akses ke pusat-pusat informasi, serta pendidikan.

· System informasi ke rumah

Di berbagai Negara, system teletext dan videotext telah berfungsi melayani kebutuhan informasi di rumah-rumah. Termasuk dalam pelayanan ini adalah keperluan perbankan, pemesanan tiket, materi pendidikan, serta informasi harga.

· Surat elektronik dan konferensi jarak jauh

Perpaduan computer dengan telekomunikasi memungkinkan pengiriman pesan ke mana saja termasuk dalam bentuk data elektronis. Pengiriman citra hidup melalui fasilitas ini telah memungkinkan dilakukannya konferensi jarak jauh.

· Kecerdasan buatan

Berbagai kemajuan yang dihasilkan oleh penelitian di bidang artificial intelegence telah mengembangkan system ahli, system penginderaan robot, system diagnosis dokter dan system perancangan dengan bantuan computer.

Teknologi media baru[2]

A. RADIO

Perkembangan stasiun-stasiun radio komersial meliputi beberapa waralaba (franchise) stasiun komersial berskala nasional, seperti : Classic FM, Virgin, dan Talk radio. Disamping itu, stasiun-stasiun radio yang berorientasi kemasyarakatan pun mulai bermunculan. Stasiun radio seperti ini telah bermunculan di eropa, kanada, amerika, dan Australia, stasiun ini dikenal sebagai stasiun penyedia layanan local. ISDN (integrated system digital network) merupakan suatu jalur telepon digital yang bias mengirimkan suara yang berkualitas langsung ke stasiun radio sehingga pemrogramannya lebih dapat diterima secara langsung.

Pada tahun 1966 broadcasting act mengeluarkan kebijakan untuk pengembangan DAB(Digital Audio Broadcasting) yang memungkinkan untuk mentrasnmisikan sekian banyak layanan melalui sejumlah lebar frekuensi(bandwith) yang sama. Digital one merupakan layanan digital radio pertama yang diresmikan pada November 1999, pemilik sebagiam besar sahamnya adalah GWR, yang tidak mengharapkan bahwa layanan ini akan mengalami impas(break event) dalam waktu lima hingga delapan tahun yang akan dating. BBC juga berjanji untuk memberikan layanan yang lebih dengan adanya radio digital.

B. TELEVISI SATELIT

Siaran langsung melalui satelit (DBS,Direct Broadcasting by Satelite) mulai dipertimbangkan pada tahun 1954 oleh penulis fiksi-ilmiah Arthur C. Clarke. Namun, baru pada tahun 1962 satelit komunikasi internasional pertama, Telstar diluncurkan. Pada tahun 1978, Eutelstat diluncurkan digunakan oleh acara satelit pertama dari inggris melalui satelit TV pada tahun 1982 dari studio mereka di Carnaby Street, London. Peraturan di Inggris tidak mengizinkan adanya siaran melalui satelit sehingga mereka menyiarkan ke Norwegia dan Finlandia yang telah melonggarkan peraturan tentang penyiaran dan pada saat itu belum ada yang disepakati bersama oleh Negara-negara eropa. Setahun kemudian menjadi Sky Television. Murdoch sendiri menganggap perkembangan siaran melalui satelit sendiri sebagai “perkembangan terpenting setelah Caxton dan pers cetak”.

Pada mulanya Sky hanya berbentuk system jaringan kabel yang menerima dean menyalurkan sinyal-sinyal ke 10.000 rumah didaerah percobaannya di Swindon melalui kabel. Pada tahun 1986 Independent Broadcasting Authority memberikan hak monopoli siaran satelit inggris kepada British Satellite Broadcasting (BSB) tapi harus menggunakan system yang berkualityas tinggi. System tersebut dikenal sebagai system MAC (Multiple Analogue Component). System ini menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik untuk PAL(Phase Altenate Line) BSBharus merancang dan membuka system siaran satelit miliknya sendiri, serta tidak dapat menggunakan satelit swasta Astra, yang diluncurkan pada tahun 1988.

C. TELEVISI KABEL

Awalnya televise kabel digunakan sebagai alat alat untuk mentransmisikan saluran-saluran televise yang ada di bumi(Terrestrial Tv) ke rukah-rumah yang tidak dapat menerima siaran televise udara dan dikembangkan menjadi msiaran televise perpanjangan pada tahun 1950 . Sekarang televise kabel sudah bisa menayangkan saluran dan layanan lainnya. Walau pada awalnya kualitas gambar tv kabel cukup buruk tetapi ndapat diterimadengan alas an lebih baik ada daripada tidak ada sama sekali. FCC (Federal Communication Commision) mulai mengatur TV kabel di Amerika sejak 1962. Pada tahun 1073 tujuh kota terpilih sebagai pelopor tv kabel di perancis yaitu : Grenoble, Cretil, Cergy pontoise, Nice, Chamonix, Rennes dan Metz kemudian membentuk High Audiovisual Council.

Pada dasarnya tv kabel bias diterima melaui antenna si penyedia kabel. Kemudian di mtransmisikan ulang melalui serat optic atau kabel antenna kerumah rumah. Jenis data lain juga dapat ditransmisikan melalui kabel. Dan salah satu perkembangan yang paling menggairahkan di masa yang akan dating adalah bahwa kabel akan menjadi awal dari system interaktif, dimana para pelanggannya dapat menonton acaranya dan memilih apa yang diinginkannya, misalkan sudut kamera unttk mengulang kembali tayangan yang baru saja disajikan. Pengembangan dan pemasangan kabel-kabel serat optic yang memungkinkan untuk mentransmisikan lebih banyak informasi akan membuat perusahaan perusahaan bias berhubungan langsung dengan konsumennya di rumah mereka sendiri, di masa yang akan datang.

D. SIARAN DIGITAL

Siaran digital merupakan pemadatan informasi sehingga-seperti juga radio-lebih banyak informasi dapat dimuat dalam frekuensi-pita(bandwith) yang sama. Kualitas gambar dan warnanya pun lebih baik.televisi ini lebih bias banyak menyediakan layanan saluran- saluran televise.

E. INTERNET

Pada mulanya internet dikembangkan oleh pentagon pada tahun 1060an. Internet merupakan system hubungan jarak jauh dari berbagai jaringan computer yang dihubungkan melalui modem atau jalur telepon. Militer Amerika akhirnya mundur dari dan menarik diri dari system internet ini. Karena internet dinilai kurang dari segi keamanan data..

Dewasa ini kebutuhan akan internet terus meningkan bahkan internet bias diakses dari handphone. Melalui internet dunia yang begitu luas dapat kita ketahui bahkan dari kamar kita sekalipun. Media internet menjadi bukti salah satu kemajuan dan perkembangan teknologi pada abad ini.

Dengan internet kita dapat menembus ruang dan waktu dan jarak yang begitu jauh akan terasa dekat jika kita menggunakan internet. Adapun pengguna internet juga harus mematuhi aturan yang berlaku ketika berselancar di dunia maya karna di Indonesia sendiri sudah ada undang-undang yang mengatur tentang dunia maya, maka nerpikirlah seribu kali untuk melakukan kejahatan di dunia maya melalui fasilitas internet ini.



[1] Zulkarimein Nasution, Perkembangan Teknologi Komunikasi. H. 3.12-3.13

[2] Michhael Bland, Hubungan Media Yang Efektif. H. 27-28

Tidak ada komentar:

Posting Komentar